Atraksi Puncak Peringatan HUT Ke-61 Kodam VI Mulawarman - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 22 Juli 2019

Atraksi Puncak Peringatan HUT Ke-61 Kodam VI Mulawarman

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net- Puncak peringatan HUT Ke 61 Kodam VI/Mlw yang bertajuk Bakti Mulawarman Untuk Rakyat berlangsung sangat meriah. Ribuan Anggota Kodam VI/Mlw dan Masyarakat tumpah ruah memadati Lapangan Merdeka Balikpapan. Minggu 21 Juli 2019.
Sejak pukul 06.30 Wita Anggota Kodam VI/Mlw dan Masyarakat berbondong-bondong menyaksikan rangkaian acara yang digelar di lapangan Merdeka yang merupakan salah satu ikon kota Balikpapan.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto serta Pejabat Jajaran Kodam VI/Mlw dan Polda Kaltim lainnya, serta Pejabat Jajaran Forkopimda dan Undangan lainnya turut bergabung menyaksikan acara.

Setelah tandem MC Choky Sitohang dan MC Ririz membuka acara, Aksi atraktif dan tangkas display drum band dari Yon Kav 17/Ananta Dharma menjadi pembuka kemeriahan acara.

Untuk dapat melakukan display drum band tidaklah mudah, dibutuhkan tekhnik keterampilan, ketangkasan dan kesatuan visi dalam membentuk kekompakan tim dari berbagai jenis instrumen alat musik dan nada yang dibunyikan.
 Hal tersebut sangat menentukan kesatuan gerak dan keselarasan musikalitas yang dimainkan, sehingga dibutuhkan fokus dan konsentrasi serta latihan yang rutin yang selalu dilaksanakan oleh para prajurit Yonkav 17/AD.

Selanjutnya penampilan tak kalah memukau atraksi Military Free Style Work Out para Anggota Prajurit TNI dari Brigif 24/BC tak kalah garang dan semakin membuat yang hadir saat itu semakin semangat serta kagum akan kemampuan dan kehebatan yang dimiliki para prajurit tersebut.

Dibutuhkan latihan intensif untuk menguasai tekhnik Free Style tersebut yang terdiri dari berbagai gerakan yang melatih kelompok otot besar, seperti berlari, berdiri, menggenggam maupun mendorong.

Latihan ini dilakukan berirama dan didukung dengan peralatan latihan seperti latihan beban tubuh yang dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatan, kebugaran, dan fleksibilitas tubuh melalui gerakan seperti menarik, mendorong, menekuk, melompat, atau berayun menggunakan atau mengangkat berat badan seseorang sebagai beban.

Tak kalah seru, aksi penuh heroik pertandingan Crossfit dari para Prajurit TNI AD Kodam VI/Mlw yang baru perdana digelar di Balikpapan membuat keseruan acara semakin meningkat, olahraga Crossfit dengan berbagai tantangan halang rintang ini bertujuan untuk memperoleh kondisi fisik dan stamina yang prima.

Para peserta dituntut cermat mengatur ketahanan ritme stamina dan fisik untuk melewati berbagai tantangan halang rintang seperti berlari, mengangkat beban, mendorong beban, pull up dan halang rintang menantang lainnya.

Meskipun ada peserta yang harus tertatih-tatih, namun dengan tekad yang sudah berkobar dijiwa Gawi Manuntung Waja Sampai Kaputing, para peserta Crossfit terus berjuang habis-habisan sampai tuntas hingga garis finish.
Aksi menarik lainnya juga ditunjukan para finalis Body Contes dan Armwrestling (Panco) Competition yang sebelumnya berjuang dengan segala upaya di babak penyisihan dan pada penampilan final ini seluruhnya maksimal berjuang dengan penuh sportivitas.

Pada Kesempatan itu Atlet Binaraga Indonesia Ade Ray yang telah malang melintang hingga ke tingkat Internasional yang juga hadir saat itu, didaulat memberikan Coaching Klinik.


Dijelaskan oleh Ade Ray bahwa Olahraga Binaraga dan Panco mengedepankan aktivitas gerak tubuh, sehingga untuk memperoleh postur tubuh ideal, dilakukan latihan pengencangan otot tubuh seperti push up, sit up dan gerak tubuh lainnya.

Selain itu diperlukan asupan gizi dan konsumsi makanan, seperti jenis makanan berserat mengandung protein dan kalori yang seimbang serta yang paling utama adalah hindari  merokok.

Jenis olahraga ini memang populer dilakukan kalangan TNI Polri, namun kedepan juga diharapkan olahraga jenis ini dapat dilakukan oleh seluruh kalangan." Jelas Ade Ray.

Usai memberikan Coaching Klinik, Ade Ray meminta para pemenang Body Contes untuk melakukan aksi The Best Style Pose bersamanya dan membuat pekik histeris masyarakat yang kagum atas performa menawan tersebut.

Pada kesempatan itu Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto juga berkenan mengalungkan medali kepada juara Crossfit kategori tim.

Sebagai Juara 1 diraih oleh Yonif Raider 614/Rjp Waktu 16 Menit 36 Detik. Juara 2 oleh Yonif 621/Mtg waktu 16 Menit 50 Detik dan Juara 3 oleh Yonif Raider 613/Rja waktu 18 Menit 20 Detik.
Dalam acara tersebut,terdapat kejutan pemberian kue ulang tahun oleh bapak Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto yang dilanjutkan pemotongan kue secara simbolis kepada Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto dan untuk simbolis pemotongan kue juga dilaksanakan Ibu Kapolda kepada ibu wiwid subiyanto.

Hal ini menunjukkan sinergi kedua institusi di wilayah Kaltim terjalin sangat erat dalam menjaga keamanan untuk menunjang roda perekonomian dapat berjalan dengan baik di wilayah.

Gemuruh suara masyarakat turut menyanyikan lagu selamat ulang tahun milik band Zamrud bergelora dilapangan merdeka. Meskipun lapangan saat itu diguyur hujan, namun  suasana penuh kegembiraan Para Prajurit Kodam VI/Mlw menyatu satu sama lainnya dengan masyarakat tak membuat seluruhnya beranjak pergi meninggalkan tempat.

Dalam acara tersebut pengunjung juga dihibur dengan penampilan band berbakat asal Samarinda Zerosixpark dan Artis Duo Sonia serta penampilan solo artis vokalis Angkasa Band.

Tak hanya itu saat MC kondang Choky Sitohang dan MC Ririz memanggil Artis Dangdut papan atas Ibukota Janeta Janet. Pekik semangat dan masyarakat semakin menggetarkan lapangan merdeka.
Meskipun masih ditengah guyuran hujan, tak melunturkan semangat masyarakat untuk tetap menyemarakkan peringatan Hut Kodam VI/Mlw ke 61 yang ditutup dengan gerak bersama melalui tari gemu famire bersama seluruh yang hadir saat itu.(Sgt/Pen)

Rilis : Pendam VI/Mulawarman.
Editor :Beny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar