Jalan Tol dan Jembatan Pulau Balang Kapan Tuntas - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Rabu, 17 Juli 2019

Jalan Tol dan Jembatan Pulau Balang Kapan Tuntas

BALIKPAPAN,kabarbpp.net-Impian dan harapan warga Kalimantan Timur sejak berpuluh tahun silam sampai hari ini belum juga terwujud. Ya, pembangunan jalan bebas hambatan atau tol Balikpapan - Samarinda yang hanya 92 kilometer sudah berumur 10 tahun tak tuntas juga. Begitu juga dengan pembangunan jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan - Penajam Paser Utara (PPU) sudah bsrusia 7 tahun belum rampung.
Foto:Dr Aji Sofyan Effendi, sebelah kiri
Apa kendalanya? Adalah Dr Aji Sofyan Effendi SE MSi yang menyinggung hal tersebut saat tampil sebagai narasumber Diskusi Hulu Minyak Gas Bumi (Migas) gelaran Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Kalimantan Sulawesi (Kalsul), di Jatra Hotel, Balikpapan, Kamis (11/7).

Dosen Fakultas Ekonomi Unmul ini juga mengungkapkan, penghasilan asli daerah (PAD) dibawah 10 persen, padahal Kaltim adalah penghasil sumber daya alam (SDA) migas dan batubara. Kaltim sudah berjuang keras agar pemerintah pusat bisa memberikan dana bagi hasil (DBH) migas lebih dari 10 persen, tapi tak juga berhasil sampai saat ini.
Foto :Jembatan Pulau Balng yang masih ngankrak
Dampak kecilnya DBH sangat dirasakan oleh masyarakat khususnya warga di desa-desa daerah ini. Tercatat 836 desa dimana 82 persen lebih adalah desa tertinggal, sangat tertinggal.

Pemaparan Aji Sofyan Effendi yang blak-blakan cukup membuat kesima da memerahkan daun telinga. "Pemerintah pusat kalau membangun jalan tol di Pulau Jawa atau Sumatera yang ribuan kilometer, dibangun hari ini, besok sudah selesai," katanya disambut tawa hadirin.

Kaltim memang masih mengenaskan akan infrastruktur jalan, kesehatan dan pendidikan. Sebagai daerah penghasil migas dan batubara ternyata tidak serta merta membuat makmur masyarakatnya.(ht/kb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar