SD 019 Balikpapan Barat 75 % Siap Menuju Adiwiyata Mandiri - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 20 Agustus 2019

SD 019 Balikpapan Barat 75 % Siap Menuju Adiwiyata Mandiri

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Setelah meraih Adiwiyata Nasional pada tahun 2017 lalu, saat ini SDN 019 Balikpapan Barat melakukan persiapan untuk maju pada Adiwiyata Mandiri seperti sosialisasi pada sekolah yang masuk dalam binaannya.
Foto : Kepala SDN 019 Neneng Sarniah S.Pd SD bersama Ketua Tim Adiwiyata Rusmini S.Pd 

Kepala SDN 019 Balikpapan Barat Neneng Sarniah S.Pd SD mengatakan, beberapa sekolah yang masuk dalam binaannya ada 3 sekolah di Balikpapan Barat, diantaranya SDN 12 Balikpapan Barat, SDN 14 Balikpapan Barat, SDN 08 Balikpapan Barat.

“Semua sekolah binaan sudah menyandang status adiwiyata, yakni tingkat kota dan provinsi. Kami mensosialisasikan persiapan SD 019 Balikpapan Barat maju dalam penilaian Adiwiyata Mandiri. Dalam pembinaannya SDN 019 Balbar membagi beberapa tim yang disebut Tim Adiwiyata 019 Balikpapan Barat,” kata Neneng liwat WhatsApp Selasa (20/08/19)

Tim Adiwiyata yang dimaksud adalah pokja yang sudah dibentuk di dalamnya terdiri dari pokja kantin sehat, pokja bank sampah, pokja toga, pokja UKS, pokja kompos, pokja kegiatan keagamaan, pokja administrasi  sekolah, pokja kegiatan pramuka, pojka pengembangan website, pokja dokumentasi, pokja perpustakaan, pokja biofori.

Menurut Neneng ada 2 (dua) kelompok tim Adiwiyata yang dibentuk,Kelompok 1 (satu)  ada 6 (enam) orang terdiri ,  Ervina, Rosalina, Salmah, Hariani, Suariani, Karina R Putri.
Kelompok 2 (dua) Nurun Nisa, Nurjannah, Herniawati, Nur Rahmawati, Indah A.O, Asrul Zainuddin  

Menurutnya, salah satu syarat untuk maju dalam Adiwiyata Mandiri, harus memiliki sekolah binaan minimal 3(tiga) sekolah dengan harapan sekolah binaan juga melangkah maju ke adiwiyata tingkat tinggi.

“Misalnya yang sudah meraih adiwiyata kota maju ke provinsi, kemudian adiwiyata provinsi maju ke adiwiyata nasional agar sama-sama maju,” jelasnya.

Kesiapan saat ini SDN 019 Balikpapan Barat sudah menyiapkan yakni dokumen dan bukti kegiatan pendukung sudah siap, serta fisik sekolah dengan sarana dan prasarana yang ada sudah 75 % , “ ujaranya

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Tim Adiwiyata Rusmini S,Pd, Tim Adiwiyata SDN 019 menurutnya, dengan maju pada Adiwiyata Mandiri maka semua pokja yang ada di sekolahnya sudah diaktifkan kembali dan bekerja semua dengan bidangnya masing-masing.

Ia melakukan persiapan baik fisik maupun mental serta pembenahan apa saja yang menjadi kekurangan.  “Semua pojka sudah diaktifkan intinya semua bagian ada pokja yang mengelolanya masing-masing,” ujar Rusmini yang di hubungi media ini liwat seluler

Rusmini menjelaskan di sekolahnya ada kegiatan sekolah adiwiyata ,pembuatan MOL dari ragi tape, air kelapa, gula pasir dan Kompos Cair dari samapah kulit nanas, di lakukan pembinaan di SD 14 Balikpapan Barat, “ ujarnya

Harapan kami majunya sekolah sekolah intinya kerjasama tim yang baik tentu apa yang kita harapkan akan berhasil ,” tandasnya (beny)
                                                                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar