SMPN 18 Balikpapan Nyembelih 6 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 12 Agustus 2019

SMPN 18 Balikpapan Nyembelih 6 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net-Perayaan Idul Adha 1440 H, SMP Negeri 18 Balikpapan ikut berbagi dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk membeli hewan kurban.

Tahun ini, SMPN 18 menyembelih 6 ekor sapi dan 1ekor kambing untuk selanjutnya dibagikan kepada murid murid gakin sekitar 100 orang dan non gakin dan sisanya kita bagikan setiap kelas untuk dimasak dan dimakan bersama-sama ,” kata Kepala SMPN 18 Suprapto lewat Seluler Senin (12/8/19)

Kembali dijelaskannya berkurban di Hari Raya Idul Adha 1440 H diwajibkan bagi setiap umat Islam bagi yang mampu. Untuk itu, pihaknya selalu menanamkan pembelajaran berkurban untuk saling berbagi dengan sesama sejak dini.

Tujuan sebenarnya diadakan penyembelihan hewan kurban merupakan pembelajaran bagi pelajar yang berkarakter. Sehingga mereka mengetahui benar bagaimana tata cara berkurban yang baik yang diatur oleh agama Islam.


“Selain menanamkan rasa berbagi kepada pelajar sejak dini, tujuan dari berkurban ini sekaligus sebagai pembelajaran tentang bagaimana tata cara menyembelih hewan sesuai syariat Islam,”ujar Prapto

Dikatakan Prapto, uang untuk pembelian hewan kurban tersebut merupakan hasil arisan guru dari uang jajan pelajar berupa infak dan juga didukung oleh orang tuanya melalui komite sekolah. Namun ditegaskannya , untuk infak yang dikeluarkan dari pelajar ini tidak diwajibkan bagi yang kurang mampu, hanya bagi siswa yang mampu saja. Justru yang tidak mampu diprioritaskan untuk mendapat santunan dari kegiatan ini.

“Alhamdulillah tahun ini kita ada enam ekor sapi, dan satu ekor kambing dari salah satu siswa yang belajar berkurban ,” jelasnya
Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para pelajarnya menanamkan rasa berbagi terhadap sesama sejak dini. Agar terbiasa kedepannya untuk menolong dan memiliki rasa empati terhadap sesama yang membutuhkan ,” tandasnya (beny)            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar