PDAM BALIKPAPAN MELAKSANAKAN VERIFIKASI SAMBUNGAN MBR - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 08 Oktober 2019

PDAM BALIKPAPAN MELAKSANAKAN VERIFIKASI SAMBUNGAN MBR

H.Kowo :Tahun 2020 PDAM Prioritaskan untuk daerah timur, 2000 sambungan

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net- PDAM BALIKPAPAN dengan tim konsultan dari Kementrian PUPR akan melaksanakan verifikasi di lokasi sesuai dengan sambungan rumah termasuk nama,alamat,dan persyaratan yang lain spek tekhnisnya. Rencana yang sudah terisasi ada 1.016 sambungan rumah.” Kata Kasubag Pemasaran & UPMT PDAM BALIKPAPAN H.Kowo di ruang kerjanya  Selasa (8/10/19).
Foto : Kasubag Pe,asaran dan UPMT PDAM Balikpapan/ inset warga penerima sambungan MBR
Pelaksanaan tekhnis yang dilakukan hari ini membenarkan hasil pemasangannya termasuk verifikasi yang pertama adalah spek tekhnisnya dan pendistribusian akhirnya yang sesuai atau tidak dengan usulan diawal dengan pemasangan yang di akhir dan harus sesuai seperti foto rumahnya tidak boleh berubah,daya listrik harus benar sesuai dengan diawal,daya listrik yang digunakan itu maks 1300 watt.

MBR ini adalah bantuan dari pemerintah pusat yang berjudul “ Water Hibah APBN 2019 ”yaitu bantuan hibah air minum dari kementrian PUPR. Untuk pembiayaan PDAM BALIKPAPAN hanya melakukan investasi di jaringan pipa induk selebihnya itu pendanaan dibantu oleh kementrian PUPR yang termasuk dalam APBN,” jelasnya

Menurutnya, Satu sambungan rumah yang dinilai oleh kementrian PUPR sesuai dengan spek tekhnisnya, persyaratannya itu adalah 3.000.000 per sambungan rumah yang mana itu difungsikan untuk jaringan pipa investasi induk PDAM. Untuk sambungan baru yang masuk dalam program ini termasuk kebijakan pemerintah kota dan Direkskrim Kota Balikpapan ada 50% daripada pemasangan regular dan diberi kebijakan kembali adalah bisa diangsur selama setahun dari total pembayaran yang 50% itu sendiri.

“Harapan kami sebenarnya tujuan dari Pemerintah Kota dan PDAM Balikpapan ini paling tidak masyarakat Balikpapan yang memang belum bisa menikmati air bersih khususnya yang kelas menengah kebawah dengan adanya program ini dapat membantu percepatan sesuai dengan program pemerintah pusat yaitu percepatan di air bersih.” harapnya

PDAM Balikpapan bersyukur bisa membantu masyarakat Kota Balikpapan yang sampai saat ini sudah tahun kelima dari 2015-2019 sudah ikut peran serta dalam program ini yang mana masyarakat sudah banyak respon baik menikmati air dengan kondisi tanpa dibebankan dengan biaya dengan induk hanya biaya sambungan rumah yang hanya 50%. PDAM Balikpapan dan masyarakat kota Balikpapan bersyukur dengan adanya program ini. harapan kedepannya semoga program ini bisa ditindak lanjuti seterusnya apalagi Balikpapan saat ini sudah adanya bangunan baru yaitu bendungan teritip yang saat ini juga kondisi di teritip ini masih banyak yang belum menjadi pelanggan PDAM karena terbenturnya dengan air baku,” ungkap Kowo

Dengan adanya pembangunan ini pada tahun 2020 PDAM akan berencana memfokuskan di area teritip yang lebih besar disana dan kemungkinan lebih besar daripada tahun ini yang minat PDAM dari Pemerintah kota hanya 1000 dari direksi kemungkinan besar bisa mencapai 2000 sambungan untuk di tahun 2020, yang lebih di prioritaskan adalah daerah timur dilokasi daerah bendungan pipa teritip yang dibangun.

Alasan diprioritaskannya pembangunan di daerah timur adalah karena kondisi pipa teritip sekarang sudah memproduksi dan juga saat ini di tritip tidak menyeluruh untuk sambungan PDAM karena dulu terbatasnya air baku PDAM dan kapasitas produksi yang pakai ipam lama yang hanya kapasitasnya dibawah 40liter/detik dengan saat ini pertumbuhan penduduk di timur bagian tritip sampai sudah cukup pesat penduduknya. Dan yang diharapkan nanti 2020 di area ipam tritip yang baru terutama dikelurahan tritip dan lamaru bisa menikmati air bersih yang sudah diselesaikan di bendungan tritip tersebut,” tandasnya  (triani/beny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar