Helmi : Catatan Sipil Balikpapan, Punya Tanggungan 43,579 Blanko KTP Belum Dicetak - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 12 November 2019

Helmi : Catatan Sipil Balikpapan, Punya Tanggungan 43,579 Blanko KTP Belum Dicetak

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net- Kondisi sekarang ini memang blanko KTP sangat terbatas.Blanko  KTP itu di drop dari pusat sesuai dengan undang-undang  No.24 tahun 2013 , blanko KTP itu dibiayai dan di adakan oleh pusat.
Foto : Kepala Dinas Catatan Sipil Balikpapan Asbullah Helmi A.P. M.Si

Tahun ini pengadaan blanko KTP di pusat itu ada 18 juta kartu seluruh Indonesia bulan April dan Mei itu blanko tersebut sudah habis.

Kepala Dinas Catatan Sipil Balikpapan Hasbullah Helmi. A.P.MSi mengatakan, Saat ini konidisinya Balikpapan, kami ada tanggungan  43.579 Blanko KTP yang belum dicetak.

“Mudahan pada saat bulan Januari saat anggaran baru, pusat sudah tersedia blanko dan akan kami cetak 43 ribu lebih blanko tersebut,” kata Helmi kepada kabarbalikpapan Selasa ( 12/11/19)

Bagaimana cara menyikapi hal tersebut terhadap blanko yang tidak tersedia maka sesuai keputusan MK dan undang-undang no.24 juga itu diberikan surat keterangan atau suket. Suket itu kekuatan hukumnya sama dengan KTP, untuk urusan apapun bisa dan semua instansi itu wajib menerima.

“Dan khusus Balikpapan, di suket itu sudah dilengkapi dengan barcode. Barcode tersebut jika di scan akan muncul foto KTP atau bisa dikatakan sebagai KTP Virtual ,” jelasnya

Hal tersebut diberlakukan sejak bulan September , jadi yang sudah membuat surat keterangan sebelum bulan September dan ingin diganti silahkan datang ke Capil nanti akan diganti surat keterangannya dengan yang menggunakan barcode ,’ harapnya

Pada prinsipnya jika KTP rusak , hilang atau sudah berumur 17 tahun harus diwajibkan segera untuk membuat KTP tersebut , walaupun akan diberikan surat keterangan terlebih dahulu harus tetap dibuat. Karena data yang penting atau data elektronik tersebut tetap terawat supaya nanti saat untuk urusan SIM , BPJS dan imigrasi data tersebut tetap akan muncul.,” tandas Helmi ( triani )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar