PDAM Balikpapan Juara III, Mendapatkan Award Website Terbaik Kategori BUMN Untuk Keterbukaan Informasi Publik - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Kamis, 28 November 2019

PDAM Balikpapan Juara III, Mendapatkan Award Website Terbaik Kategori BUMN Untuk Keterbukaan Informasi Publik

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net-PDAM Kota Balikpapan berhasil meraih juara III untuk  implementasi keterbukan informasi publik  dan dianugerahi award untuk  website badan publik terbaik se-Kaltim  kategori website BUMD dan perusda pada acara KI Kaltim Award II 2019 di Samarinda.
Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim Muhammad Khaidir SHI didampingi Wakil Ketua DR Lilik Rukitasari S Sos SH MH menjelaskan, penghargaan diberikan kepada  41 badan publik  setelah dari hasil monitoring. “Ada sebanyak 1.700 badan publik yang kita monitoring di tahun 2019. Ini lebih banyak  dari tahun 2018 yang saat itu sebanyak 1.370 badan publik,” kata Muhammad Khaidir.

Ditambahkannya, untuk website atau situs badan publik yang dimonitor, di  tahun 2019 juga cukup banyak sekitar 361, dibandingkan tahun 2018 yang hanya 270 website. Tentu hal ini menunjukkan peningkatan dan kesadaran dalam implementasi informasi publik sesuai ketentuan undang-undang. “Makanya kita memberi apresiasi lewat award, agar badan publik itu setiap tahun melakukan kompetisi positif dan produktif,” tambah Muhammad Khaidir.

Sementara itu, Lilik Rukitasari menyebutkan, penghargaan KI Kaltim Award II tahun 2019 ada sejumlah parameter yang harus mengacu pada UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Setiap badan publik wajib memberikan layanan kepada masyarakat  kaitan informasi itu. “Laporan keuangan badan publik yang sudah diaudit harusnya dipublikasikan, sebab itu bentuk dari sisi transparansi,” pinta Lilik.

Ditambahkannya, yang wajib dipublikasi itu seperti visi dan misi, alamat badan publik, profil maupun program kerja. Itu harus disampaikan ke publik melalui web atau situs. “Kami juga melakukan monitoring itu berdasarkan Peraturan Komisi Informasi nomor 1 tahun 2010 tentang standar layanan informasi publik, sehingga sangat regulatif dan ingin melihat bagaimana implementasi penyebaran informasi dari badan publik,” ujar Lilik.

Ia menambahkan, ada badan publik di tahun 2018 masuk kategori memiliki website terbaik. Hanya di tahun 2019 setelah hasil monitoring website-nya non-aktif. “Walaupun pernah mendapat penghargaan tertinggi, tapi karena website tidak aktif, maka di tahun 2019 tidak kita nilai. Contoh seperti KPU Samarinda dan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim,” tambah Lilik.

Dalam kegiatan itu,  penerima penghargaan dibagi dalam berbagai kategori. Untuk PDAM Balikpapan yang meraih juara III kategori BUMD dan perusda, sejauh ini memang memiliki website keterbukaan informasi publik cukup baik. Bahkan secara informasi kehumasan, PDAM yang terletak di kawasan Jl Ruhui Rahayu ini sudah menerapkan humas digital dan  menjadi best practice  nasional.

Kategori yang  menerima penghargaan KI Kaltim Award ke-2 tahun 2019 adalah:
Sementara itu, Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi menyebutkan, diraihnya BUMD ini untuk kategori website, maka sudah menunjukkan transparansi itu telah dilakukan oleh PDAM.  “Kami akan terus berbenah, sehingga website layanan publik juga terus dikerjakan secara inovatif,” ujarnya.

Ia menyebutkan, proses penilaian atau diberinya award untuk PDAM  kategori BUMD se-Kaltim, bukan berarti wujud rasa jumawa bagi PDAM Balikpapan. Tentu, dijadikan sebagai momentum untuk terus berbenah dan peningkatan pelayanan. “Pada setiap kesempatan kami terus lakukan koordinasi dan monitoring kaitan pelayanan kepada masyarakat. Kalaupun ada kritik yang konstruktif itu bagian dari dinamika badan publik dalam memberikan pelayanan maksimal,” ujarnya.

Dalam acara itu juga dihadiri ketua PPID Utama Pemprov Kaltim Didi Rusdiansyah AD, Ketua KIP Kaltim M Khaidir, Komisiner KIP Lilik Rukitasari, HM Balfas Syam, Rudi Taufana dan seluruh undangan (*kb)

Sumber : Humas PDAM Tirta Manggar Balikpapan (Suryo Hadi Prabowo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar