Polresta Balikpapan Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2019 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 31 Desember 2019

Polresta Balikpapan Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2019

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net-Polresta Balikpapan menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2019, Senin (30/12/2019).
Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi memaparkan penanganan sejumlah perkara sepanjang tahun 2019 serta kondisi personel setelah Polres naik kelas menjadi Polresta. 

“Jumlah personel yang dimiliki masih sangat jauh  dari standar jumlah personel yang diperlukan sesuai dengan karakteristik jumlah pendukung maupun luas wilayah. Kita membutuhkan  sebanyak 1.324 personel,” ujar Turmudi. 

Dari kebutuhan jumlah tersebut,  yang terpenuhi  riilnya baru 791,  jadi masih kekurangan banyak jauh. “Karena memang sesuai dengan jumlah penduduk sama luas wilayah idealnya 1.324 personel,” ucapnya. 

Mengenai pelanggaran di intern kepolisian, ujar Turmudi,  ada tiga jenis pelanggaran. Pertama kode etik kemudian pidana dan disiplin. Di tahun 2018 jumlah pelanggaran ada 1 kasus kemudian jumlah kasus pidana juga ada 1 kasus. Sedangkan paling banyak  kasus pelanggaran disiplin, sebanyak 32  kasus di tahun 2018. Sedangkan di tahun 2019  ada 39 kasus.Dari 39 kasus,  20 kasus kode etik,  pidana 1 kasus dan 18 kasus pelanggaran disiplin. 

“Memang pembinaan yang dilakukan untuk personel makin tahun makin kita tingkatkan dengan pola-pola yang disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi atau pola-pola menyesuaikan dengan hasil evaluasi penggunaan personel tahun sebelumnya,” ujar Turmadi.

Salah satu wartawan bertanya terkait merokok di kendaraan hingga saat ini kami belum mendengar adanya penindakan sementara suara dari masyarakat cukup banyak terkait masih banyaknya pengendara yang merokok saat berkendara. Yang kedua terkait pemberantasan  korupsi,  kasus apa saja yang ditangani Polresta Balikpapan.

Turmudi menjawab, larangan merokok sambil berkendara memang  ada. “Kita nanti coba akan dalami permasalahan, ataupun eksekusinya sampai di mana apakah masih tahap sosialisasi atau pelaksanaan,” imbuhnya.

Di malam pergantian tahun Kapolres Balikpapan AKBP Turmudi akan menurunkan personilnya dibeberapa titik di wilayah kota Balikpapan.

"Kami membutuhkan sebanyak 1.324 personil untuk luas wilayah kita sementara  jumlah yang terpenuhi baru 791 personil jadi masih banyak kekurangannya" kata Turmudi

"Mudah-mudahan di malam pergantian tahun nanti semua akan berjalan baik dan kondusif" tambahnya.

Dari paparan yang di sampaikan Kapolres Balikpapan  AKBP Turmudi sepanjang  tahun 2019 di kota Balikpapan mengalami penurunan kasus terutama kasus penyalahgunaan Narkotika. Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) sudah berupaya untuk menekan angka kasus ini. 

Dari data yang di himpun jajaran kepolisian Balikpapan sepanjang tahun 2019 telah menangani kasus sebanyak 599 kasus. Yang paling dominan kasusnya yaitu penyalahgunaan Narkotika tercacat  sebanyak 371 kasus sementara di tahun 2018 tercatat 336 kasus. 

Kapolres Balikpapan menghimbau agar seluruh tim untuk  melakukan atensi di lapangan guna pencegahan terjadinya penyalahgunaan narkoba serta kasus-kasus lainnya juga seperti curanmor, curhat, curas dan anirat.

Untuk kasus pencurian motor  (curanmor) yang ditangani jajaran Polrestabes kata Kapolres juga mengalami penurunan. Dimana telah di catat dari tahun 2018 sebanyak 149 kaus dan di tahun 2019 terjadi penurunan 56 kasus.

Kasus pencurian dengan pemberatan  (curat) tahun 2019 109 kasus sebelumnya ditahun 2018 sebanyak 255 kasus sehingga adanya penurunan 146 kasus.

Kasus pencurian dengan kekerasan (curas)  ditahun 2018 tercatat sebanyak 42 kasus  dan di tahun 2019 mengalami menjadi 1 kasus. 

Sedangkan kasus penganiayaan dengan pemberatan (anirat)  ditahun 2018 tercacat 109 kasus dan ditahun 2019 mengalami penurunan pula menjadi 50 kasus.(*)

Penulis : Shinta
Editing : beny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar