Presiden Jokowi Resmikan Tol Pertama di Ibu Kota Baru, Polda Kaltim : Patuhi Aturan Lalu Lintas - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 17 Desember 2019

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pertama di Ibu Kota Baru, Polda Kaltim : Patuhi Aturan Lalu Lintas

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).
Luas tol yang diresmikan sepanjang 58,7 KM dari total 99,3 KM itu merupakan bagian dari akses menuju ibu kota baru. Kepala negara berharap jalan tol ini bisa mempercepat konektivitas menuju kawasan ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Alhamdulillah pembangunan tol seksi 2, 3, 4 jalan tol Balikpapan-Samarinda telah selesai dan dimanfaatkan. Dari 5 seksi yang telah selesai 3 seksi sepanjang 58,7 KM dari total 99,3 KM. Jadi kurang dua seksi lagi yaitu seksi l dan V,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menuturkan jalan tol tersebut merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ruas tol tersebut kata Jokowi akan ditargetkan rampung pada April 2020 mendatang.

“Tapi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti insyaAllah April 2020. Ini jalan tol pertama di Pulau Kalimantan,” ucap dia.

Ia berharap pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda bisa mengefisiensi waktu bagi mobilitas orang-orang maupun barang logistik dari Balikpapan menuju Samarinda ataupun sebaliknya.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda ke Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih 3 jam. Enam jam PP (Pulang Pergi) berarti tiga jam. Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau 1 jam seperempat. Sehingga sekali lagi kecepatan efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” kata Jokowi.

Bila akses lebih cepat, ia meyakini dampak pada perekonomian pun akan meningkat. Bahkan, tidak hanya bagi calon kawasan ibu kota negara, namun juga beberapa kota di sekitarnya, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Tak hanya itu, kehadiran jalan tol juga akan mendongkrak berbagai sektor industri. Mulai dari kelapa sawit, batu bara, minyak, dan gas bumi.

Selanjutnya Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana mengimbau kepada seluruh masyarakat nantinya agar selalu mematuhi rambu-rambu yg tersedia dan senantiasa mengutamakan keselamatan dalam memacu kendaraan di jalan Tol Kebanggaan masyarakat Kaltim tersebut.

Sumber : HUMAS POLDA KALTIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar