Komisi II DPRD Balikpapan, Dispora Untuk Mencari Menginvestasikan Tentang Potensi Pariwisata Jangan Hanya Fokus Kepada Manggar - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 07 Januari 2020

Komisi II DPRD Balikpapan, Dispora Untuk Mencari Menginvestasikan Tentang Potensi Pariwisata Jangan Hanya Fokus Kepada Manggar

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Selasa ( 07/01/2020 ), Komisi II DPRD Kota Balikpapan melakukan RDP ( Rapat Dengar Pendapat ) dengan Dispora Kota Balikpapan
Foto : Wakil Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Mieke Henny
''Program kerja komisi II untuk dibulan januari ini di minggu pertama rapat dengar pendapat dengan seluruh mitra kerja. Kebetulan hari ini  yang keluar mitra kerja kemarin DPP DPRD, hari ini adalah dinas pemuda olahraga dan pariwisata tapi karena kita hanya pariwisata maka kita melakukan rdp dengan pariwisatanya,

"bersama sama mendiskusikan pertama tentang program kegiatan 2020 sudah harus mulai dan keadaan semuanya sudah dipersiapkan begitu pula PPK nya sudah siap. kemudian, komisi II terfokus dan konsen untuk penghasilan PAD yaitu objek PAD pantai manggar," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Mieke Henny dirunag komisi II Selasa ( 7/1/2020)

Di Balikpapan ini supaya diketahui pariwisata hanya satu yang menghasilkan PAD yaitu hanya pantai manggar dan tidak ada yang lainnya lagi. Di pantai manggar retribusinya dari tamu atau pengunjung yang masuk kemudian di manggar juga akan masih banyak bangunan bangunan atau masih banyak melengkapi sarana prasarana nya untuk mendongkrak PAD tersebut salah satunya adalah bangunan bangunan restorant, kemudian juga wahana wahana untuk keamanan kenyamanan dan lingkungan juga dalam proses pembangunan.

Ternyata dari tahun 2019 kemarin yang sudah di pagu 4,2 atau termasuk dengan pajak lainnya atau retribusi lainnya manggar hanya 3,8 alokasi atau estimasi untuk pencapaian target 3,8 tetapi terealisasinya hanya 3,4. berarti, minus 400 jt untuk pendapatan pantai manggar sampai dengan 31 Desember 2019. 

Terhitung dari tanggal 1 sampai 6 januari kemarin informasinya tadi hari sabtu dan minggu sudah mendapatkan dana masuk dari pengunjung 300 juta dan iti nanti dipertanggung jawabkan untuk 2020 yang akan datang. Komisi II DPRD Balikpapan selaku mitra kerja tentunya meminta kepada dinas pariwisata untuk mencari atau menginvetarisir tentang potensi potensi untuk pariwisata, jangan hanya terfokus kepada manggar. Mungkin masih ada lagi destinasi tujuan wisata yang lain yang nanti juga akan membawa warga kota balikpapan ini tidak hanya terfokus kepada manggar.

Memang cukup disayangkan karena memang hanya cuma manggar yang di fokuskan kenapa tidak itu dikembangkan dengan pariwisata lain sekitarnya. maupun di daerah daerah kilo, daerah barat, daerah timur. dinas pariwisata tadi berjanji akan menginvetarisir dimana mana saja yang ada potensi menjadi destinasi pariwisata.

Target PAD 2020 ini adalah 4,2 dan kalau dihitung dari sekarang  yang sudah ada ini mudah mudahan tercapai. Kemarin itu bisa dikatakan tidak tercapai karena efek dari adanya tsunami di palu, karena itu berkaitan dengan laut dengan pantai yang akhirnya mindset dari pengunjung takut. Hal ini adalah dampak salah satu kenapa 400 juta itu berkurang.

Kedepannya komisi II juga akan terus memenuhi untuk keamanan, kenyamanan dari pengunjung mulai dari event event, lomba kemudian pentas seni dan sebagainya itu akan dilakukan di tahun 2020 ini ," jelasnya Mieke ( triani).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar