Noor Thoha : Jalur Perorangan Mereka Berbekal SK KPU, Bahwa Dukungan Memenuhi Syarat Minimal - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Kamis, 09 Januari 2020

Noor Thoha : Jalur Perorangan Mereka Berbekal SK KPU, Bahwa Dukungan Memenuhi Syarat Minimal

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net -Terkait dengan pencalonan itu diatur dengan tahapan. Tahapan sekarang adalah tahapan dimana bakal calon perseorangan ini menyusun dukungan dan menyusun dukungan ini nanti di tanggal 19 sampai 23 Februari 2020  dukungan itu diserahkan kepada KPU.
Foto : Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha SH
“Dukungan tersebut diserahkan untuk diperiksa jumlahnya dan sebarannya, setelah diperiksa oleh KPU maka KPU akan melakukan dalam hal jumlahnya cukup maka dilanjutkan dengan verifikasi administrasi. Di verifikasi administrasi itu akan dilihat setiap dukungan ada fotocopy KTP nya, nama, tempat tanggal lahir dan tanda tangan, iti tercantum di formulir B1KWK.,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha SH, diruang kerjanya Kamis ( 9/1/2020)


“Kemudian, KPU memastikan bahwa dukungan itu tidak ganda, baik ganda di internal bakal calon maupun antar bakal calon Karena bisa jadi satu orang itu di fotocopy berulang ulang untuk mendukung satu calon atau satu orang mendukung banyak calon.

Setelah selesai verifikasi administrasi maka KPU akan turunkan berkas itu ke BPS melalui BPK untuk dilakukan verifikasi faktual. Lalu, dalam verifikasi faktual itu terpenuhi jumlah minimalnya maka nanti KPU akan memutuskan bakal calon tersebut sudah memenuhi syarat dukungan minimal yang nanti akan berbentuk surat keputusan dan surat keputusan itulah sebagai modal syarat pencalonan,”ungkapnya.

“Pada saat pendaftaran calon bulan juli nanti dilihatkanlah bahwa calon tersebut melalui jalur perorangan dan ini sk nya bahwa sudah memenuhi syarat.

Kalau dari jalur politik, dia tidak melalui proses itu karena dukungan yang dijabat adalah dukungan dari partai politik berupa rekomendasi dari DPP Partai Politik dan itulah yang disebut syarat pencalonan atau syarat politik,” jelasnya.

Jadi, yang dari jalur perorangan dia berbekal salah satunya surat keputusan KPU bahwa dukungannya memenuhi syarat minimal tetapi yang diusung jalur partai politik dia membawa surat rekomendasi dan tentu saja dilampiri dengan syarat syarat yang lain,” tutup Thoha (beny/triani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar