Ujian Nasional, SMP/SMA/SMK Tetap Dilaksanakan Tahun 2020 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Jumat, 17 Januari 2020

Ujian Nasional, SMP/SMA/SMK Tetap Dilaksanakan Tahun 2020

Muhaimin: UN dan USBN Akan Diganti Assesment Kompetensi

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Menteri mempunyai grand desain yaitu merdeka belajar. konsep merdeka belajar itu empat hal, yang pertama adalah penghapusan USBN, yang kedua adalah penghapusan UN, lalu yang ketiga adalah penyerahan dana RPP yang dipersingkat, dan yang keempat adalah mengenai PPDB sistem zonasinyang diperbarui," Kata Kadisdikbud, Ir. Muhaimin, MT diruang kerjanya Jum’at ( 17/1/2020)
 
Foto:Kadisdikbud Ir Muhaimin MT
Mengenai penghapusan USBN tidak ada masalah, karena SD pada dasarnya tidak ujian nasional dan masih ujian sekolah berstandar nasional karena pelaksanaannya dilaksanakan oleh daerah masing masing. tetapi untuk UN karena sekarang semu data peserta ujian nasional itu sudah terdaftar di Kementrian, maka untuk ujian nasional SMP, SMA dan SMK itu tetap dilaksanakan di tahun 2020 dan rencana akan dihapuskan di tahun 2021.

"UN dan USBN itu akan diganti Assesment Kompetensi, jadi  artinya meng eksplor kemampuan siswa supaya yang dinilai itu bukan hanya kemampuan akademiknya tetali juga karakternya, keterampilannya, literasinya, numerasinya Itu semua dinilai dari awal sampai dengan akhir," ujarnya

Guru juga diberikan kebebasan untuk memberikan penilaian secara objektif terhadap kemampuan siswa dan bukan hanya kemampuan akademiknya tetapi seluruh kemampuan yang terkait dengan potensi siswa, sehingga itu lebih memberikan kepuasan kepada guru dan siswa untuk meng eksplor kemampuannya.

Diharapkan, kemampuan guru dan obyektifitas guru itu lebih bagus lagi supaya berhak memberikan nilai yang terbaik bagi anak yang memang berhak mendapatkannya dan bisa memotifasi untuk anak anak yang nilainya kurang bagus atau kemampuannya kurang bagus untuk menjadi lebih bagus lagi,” tutup Muhaimin ( beny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar