KPU Balikpapan, Gelar Pelantikan 30 Anggota PPK se-Balikpapan - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Sabtu, 29 Februari 2020

KPU Balikpapan, Gelar Pelantikan 30 Anggota PPK se-Balikpapan

Noor Thoha: PPK harus menjaga netralitas kalau netralitas tidak dijaga maka pilkada tahun ini cacat

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Sabtu ( 29/02/2020 ), KPU Balikpapan Melaksanakan kegiatan Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan Anggotaa Panitia Pemilihan Kecamatan Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha SH menjelaskan bahwa Anggota PPK tersebut ada yang termasuk Anggota lama dan ada yang Anggota Baru.

Oleh karena itu, regulasi dan aturan betul betul harus dikuasai lalu yang tidak kalah penting adalah bagaimana rekan rekan di PPK ini menjaga netralitas. Kalau netralitas tersebut tidak bisa dijaga maka pilkada tahun ini " cacat ".
Pada saat Recruitmen KPU mengumumkan ada 10 nama. Dalam perjalanannya ada yang berhalangan dan ada diberhentikan karena pelanggaran maka sisa nama tersebut adalah sebagai cadangannya.

" Jumlah Anggota PPK yang dilantik ada 30 anggota, tetapi yang sebagai cadangan kemarin ada 30 orang dan dikurangi 2 yang kemarin tidak ikut wawancara," kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha.
Materi pembekalan yang diberikan adalah tugas, wewenang dan kewajiban para anggota PPK agar mereka tahu apa tugas mereka, wewenang mereka dan kewajiban mereka.

Selanjutnya, pemberian materi kode etik, yaitu seperti bagaimana mereka bergaul, berucap, berbicara dan bagaimana mereka hidup dalam kelompok masyarakat. Lalu, pengawasan internal KPU yaitu jika para anggota PPK melakukan pelanggaran maka akan ditetapkan mereka akan mendapat sanksi seperti apa.

Jenis pelanggarannya itu seperti pelanggaran proses, pelanggaran etik dan pelanggaran pidana. Jika mereka hanya kesalahan dalam prosedur maka itu termasuk dalam pelanggaran proses dan pihak KPU akan meminta mereka untuk mengulangi lagi.Noor thoha menjelaskan, ada juga pelanggaran yang termasuk pidana seperti penggelembungan suara, menghilangkan hak pilih dan mencacati surat suara ,’jelasnya (yd/kb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar