KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Tahun 2020 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Kamis, 06 Februari 2020

KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Tahun 2020

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Kamis ( 06/02/2020 ), KPU Balikpapan melakukan sosialisasi kepada TNI, Polri dan dihadiri oleh para pemateri yaitu Bapak Masrukhan dari TNI, Bapak Dodi dari Polri, dan Bapak Syahrul dari KPU Balikpapan. Acara sosialisasi ini bertempat di Aula Hotel Pacific Balikpapan
Foto : Ketua KPU Noor Thoha SH

Terutama TNI, Polri jajaran terdepan yaitu Babinsa dan Babinkantibmas. Karena Babinsa dan Babinkantibmas ini setiap harinya berkumpul dengan pak camat dan pak lurah, maka pak camat dan pak lurah juga menjadi bagian dari pilar yang diharapkan bisa menjadi penyambung lidah KPU.

Mereka tersebut jika berbicara pasti didengan dan jika berkumpul pasti ada masaa yang  mengerumuni. maka sangat disayangkan jika penyampaian mereka biasa saja, maka pada hari ini mereka dibekali oleh KPU tentang tahapan tahapan supaya dapat mensosialisasikan ,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha SH.kepada kabaerbalikpapan58.net Kamis ( 6/2/2020)  
Babinsa dan Babinkantibmas ini juga ampuh dalam menangkal berita berita hoax dan berita yang dapat meresahkan masyarakat.

Endingnya, KPU berharap nantinya partisipasi itu akan meningkat, pemilih juga semakin cerdas, pemilih tidak menggantungkan yang namanya pemilih praktis. Tentu saja koridor ke netralitasan Babinsa dan Babinkantibmas ini terus terjaga ,” ungkapnya

Terkait dengan TNI dan Polri yang menjadi RT dan ini sangat dilematis ketika pada saat pemutakhiran data pemilih ini KPU kan melibatkan RT termasuk nanti dalam verifikasi calon. Maka di dalam undang undang yang mengatur TNI dan Polri mereka harus netral. Maka  sebaiknya TNI dan Polri yang menjadi RT itu mendelegasikan kepada pengurus yang lain untuk pemutakhiran data pemilih, Untuk melakukan verifikasi dukungan dan jangan TNI dan Polri tersebut yang turun langsung nanti akan berpotensi.


Bakal calon perseorangan ini ada yang berasal dari unsur TNI dan Polri, jangan sampai nanti ketika melakukan verifikasi faktual malah dicurigai oleh orang orang. Maka sebaiknya TNI dan Polri yang menjadi RT di delegasikan kepada orang lain untuk menjalankan tugas tugas kepemiluan ,” jelas Thoha  ( triani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar