Thohari Azis : Akan Dibentuk Forum Wadah untuk Memberikan Konseling dan Memberi Perhatian Kepada Anak - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 11 Februari 2020

Thohari Azis : Akan Dibentuk Forum Wadah untuk Memberikan Konseling dan Memberi Perhatian Kepada Anak

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net - Selasa ( 11/02/2020 ), DPRD Kota Balikpapan melaksanakan Sidang Paripurna mengenai Perubahan Atas Perda No. 01 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Rapat Paripurna hari ini di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Thohari Azis.
 
Foto : Waki; Ketua DPRD Thohari Azis
Peraturan daerah nomor 1 tahun 2015 tentang penyelenggaraan perlindungan anak yang merupakan implementasi dari undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Sebagaimana, telah diubah dengan undang-undang nomor 35 tahun 2014 telah mengatur hal-hal yang menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk dilaksanakan bagi pembangunan dan kemajuan pertumbuhan perkembangan anak.

Dalam Raperda tentang perubahan atas penyelenggaraan perlindungan anak ini,pemerintah kota berkeinginan untuk lebih memperhatikan perlindungan khusus bagi anak yang berhadapan dengan hukum, yang dilakukan melalui pemberian hak di bidang pendidikan.

Sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 9 undng-undang nomor 35 tahun 2014, bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan tingkat kecerdasan sesuai dengan minat dan bakat.

Hal ini mengacukan kepada permasalahan yang terjadi di kota balikpapan yang dimana rata-rata Anak yang berhadapan dengan hukum (AHB) Memiliki risiko besar untuk dikeluarkan dari sekolahnya oleh pengelola sekolah maupun tuntunan komite sekolah, sehingga akhirnya Anak yang berhadapan dengan hukum tidak bisa mendapatkan hak nya dibidang pendidikan.

Sehingga dipandang perlu untuk adanya atensi khusus dalam perda tentang penyelenggaraan perlindungan anak dan juga mengakomodir hak anak dibidang pendidikan pada semua anak dikota balikpapan.

" Pada Intinya, Pemerintah Kota ingin memberikan perlindungan kepada anak anak. Karena, jangan sampai persoalan anak anak tersebut semuanya masuk ke ranah hukum. Sehingga penting, anak anak tersebut jika ada persoalan yang berkaitan dengan hukum itu ada yang memfasilitasi, ada konseling dan semacamnya," Kata Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Thohari Azis.

Akan dibentuk juga Forum atau wadah untuk memberikan konseling dan memberikan perhatian kepada anak anak tersebut. Demikian pula penyadaran terhadap sadar hukum kepada masyarakat, kepada orang tua yang ditanamkan kepada putra putrinya juga sangat penting. Sehingga, persoalan anak anak, kenakalan remaja dan sebagainya jangan sampai masuk ke ranah hukum ,” jelasnya ( trianI)
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar