Wali Kota Balikpapan, Harus Cerdas dan Komitmen - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 17 Februari 2020

Wali Kota Balikpapan, Harus Cerdas dan Komitmen

BALIKPAPAN,kabarbpp58.net- Perhelatan akbar pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Balikpapan Periode 2020-2025 tinggal hitungan bulan. Dimana telah bermunculan para calon yang akan menjadi orang nomor satu di Balikpapan ini.
 Namun demikian HM Selle S, SH salah seorang tokoh masyarakat yang dikenal sangat vokal dan mendasar ini mengharapkan, agar nantinya Balikpapan dipimpin oleh seorang Wali Kota-Wakil Wali Kota yang cerdas dan mempunyai komitmen untuk membangun kota.

"Jujur saja saya katakan Balikpapan saat ini tidak mengalami perubahan yang berarti. Pemimpin yang ada saat ini hanya bisa melanjutnya peninggalan dari pemimpin terdahulu, "ujar HM Selle S, SH.

Tata Ruang yang ada di Balikpapan rasanya sudah sangat memadahi, tinggal bagaimana cara mengelolanya saja. Konsep ataupun rencana strategi harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selanjutnya implementasi di lapangan harus tepat sasaran. Bukan seperti yang ada saat ini, banyak pekerjaan bongkar pasang tidak sesuai dengan tata ruang.

Seperti halnya mengenai drainase ataupun gorong-gorong, setiap hujan deras turun terjadi banjir dimana mana. Dan anehnya lagi daerah langganan banjir sekarang semakin bertambah. Ada suatu daerah yang sebelumnya tidak banjir, sekarang menjadi banjir.

HM Selle yang juga seorang wiraswasta ini dan dikenal sangat enerjik dalam mengkritisi pejabat negara. Tentunya atas pengalaman hidupnya dan argumen yang ilmiah.

Selanjutnya, keberadaan organisasi, paguyuban, forum ataupun LSM harus bisa menjadi pengadil. Dengan jalan melakukan kontrol sosial, baik terhadap kinerja eksekutif maupun terhadap kinerja legeslatif yang mengatasnamakan wakil rakyat.

" Keberadaan ormas ataupun lembaga lainnya harus bisa mengawal dan mengawasi terhadap kinerja stake holder
 Dengan jalan melakukan kontrol sosial, bukan malah turut serta mendukung  kebijakan yang keliru, "ungkap HM Selle dengan tegas.

Balikpapan akan terus seperti ini alias *stagnan* tambahnya. jika pemimpin kedepan tidak cerdas menjalankan organisasi pemerintahan khususnya managemen.

Untuk itu masyarakat juga harus cerdas dalam menentukan pilihannya. Jangan hanya karena obral janji dan recehan langsung menentukan pilihannya.

"Jangan hanya karen obral janji dan uang recehan kita langsung dapat menentukan pilihannya. Tanpa melihat kemampuhan SDM salah satu kandidat, "tegas H Selle.

Penulis : Edy
Editing : Beny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar