PDAM Balikpapan Melakukan Penggeseran Pegwai Untuk Meningkatkan Kinerja - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 04 Mei 2020

PDAM Balikpapan Melakukan Penggeseran Pegwai Untuk Meningkatkan Kinerja

Kabarbpp58.net,Balikpapan-PDAM Balikpapan melakukan penggeseran untuk penyegaran di perusahaan   mengubah formasi sekaligus rotasi dan mutasi pegawainya yang dinilai memiliki kompetensi di bidang masing-masing. Ada belasan pegawai dimutasi.
Langkah ini ditempuh, sebagai upaya  meningkatkan produktivitas sumber daya manusia (SDM) agar lebih efektif  sehingga ouputnya peningkatan pelayanan air bersih ke pelanggan meningkat.

“Sebenarnya hal biasa. Di perusahaan  itu  kalau ada mutasi lumrah saja. Justru, pertimbangannya  karena PDAM Balikpapan sudah menitikberatkan pada sisi human capital. Sehingga,  yang mutasi ataupun promosi itu semua dipandang  cakap dan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan,” kata Haidir Efendi, menjelaskan mutasi dan promosi pegawainya itu.

Menurut Haidir, tuntutan di masyarakat atau konsumen makin tinggi. Itu kaitan pelayanan. Sehingga, ‘gerbong pegawai’ di PDAM  yang digeser atau dipromosikan harus mengedepankan kapasitas dan kompetensi.

Dirut PDAM Haidir Effendi (lima dari kiri), Kabag SDM Nur Hasramdani SE (paling kiri) dan sejumlah pegawai yang dimutasi dan mendapat promosi seperti Nunu, Sungkowo, Ramli dan lainnya.

 “Jabatan itu amanah, jadi harus dijaga. Tapi yang terpenting bagaimana  fokus  meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan menjalankan program kerja perusahaan di masing-masing bidang,” ujar Haidir Effendi.

Disebutkannya, BUMD air minum seperti PDAM, pengaturan pengangkatan, mutasi, rotasi pegawai tersebut kewenangan direksi. Tentu, juga  selama bertugas  setiap pegawai otomatis penilaian potensi kerjanya terukur. Sebab, ada standar operating procedure (SOP) yang dimiliki perusahaan. Ukurannya jelas dan reward  and punishment-nya juga dilakukan, dan PDAM Balikpapan sudah melakukan jauh-jauh hari.
“Saya juga berkonsultasi dengan direksi lainnya seperti Direktur Teknik Arief Purnawarman, Direktur Limbah, Anang Fadliansyah. Termasuk juga data-data di bagian SDM sangat detail. Jadi, semuanya melihat kapasitas tak ada yang like & dislike,” urai Haidir Effendi.

Haidir menyampaikan selamat dan sukes atas amanah yang diberikan. Hanya, semua pegawai harus  menjaga amanah dan tanggung jawab, loyalitas serta integritas demi kemajuan PDAM serta peningkatan kinerja pelayanan di  pelanggan.

Haidir yang berpengalaman di bidang manajemen air minum ini berpesan kepada pegawai yang dimutasi atau promosi, tetap menjaga kekompakan dalam bekerja  dan yang paling penting  bagaimana mengurangi tingkat kehilangan air atau non revenue water (NRW). “Kerja baik dan kerja cerdas dan jaga nama PDAM,” pinta Haidir.

DIJABAT WANITA

Dari data  PDAM, dalam pelantikan dan pengukuhan mutasi dan pengangkatan dalam jabatan struktural dan  fungsional pada Kamis (30/04/2020) di Aula Graha Tirta PDAM Balikpapan,  ada pos  yang lama ditempati pria, kini giliran wanita yakni posisi  Kabag Hubungan Pelanggan (Hublang) yang sekarang dijabat Hj Nour  Hidayah SE MM yang sebelumnya menjabat Kasub Pengembangan Kepegawaian SDM. Sosok satu ini, biasa disapa Nunu dan  kapasitasnya secara internal dan eksternal tak diragukan. Sebelumnya,  posisi Kabag Hublang dijabat Sungkono SE yang   pensiun.

Direksi foto bersama dengan pelaksana yang dipromosikan jadi Kasubag
Wanita menempati posisi jabatan di Hublang, pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Saat itu  bidangnya masih dirangkap menjadi humas. Sumarni, sosok yang pernah menempatinya dan juga sudah pensiun.

Bidang Hublang, disebut-sebut sangat strategis di PDAM dan jadi ‘gudang  komplain pelanggan’. Sehingga,  pimpinan di bidang ini harus dapat melakukan interaksi, cekatan dengan konsumen baik untuk urusan pasang baru, pembayaran rekening air sampai pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Termasuk, yang paling krusial yakni  handling customer complaint dan identifikasinya.

Pos lainnya yang  juga strategis adalah, Kabag Produksi yang sekarang dijabat Ridha Emerusalin ST yang sebelumnya sebagai Kabag Pengolahan Air Limbah. Ridha sepertinya ‘balik kandang’ , karena beberapa tahun lalu, ia pernah menempati pos yang sama.

H Sungkowo SE, yang sekian lama berada di pos pemasaran sebagai Kasubag Pemasaran  Hublang, kini posisi barunya menjadi Kabag Umum. Sedang Kabag Pelayanan Air Limbah dijabat Abdul Ramli S Sos yang sebelumnya  Kasubag administrasi kepegawaian. Juga yang cukup senior, Hj Ir Dewi Sulastri yang sebelumnya Kabag Sistem Informasi Manajemen (SIM) sekarang pos barunya Kabag Pengolahan Air Limbah. 

Dan, Kabag Distribusi  yang sebelumnya dijabat Juliansyah ST, kini  mendapat tugas baru  sebagai staf ahli direksi.  Sementara, Lutfi Agus S Sos yang sebelumnya sebagai Kabag Pelayanan Limbah, kini harus mengendalikan tata laksana komunikasi dan informasi menjadi Kabag SIM.

Direksi bersama Kabag SDM, Suryo Maulid dan lainnya
Dan secara keseluruhan ada 7 ruang kepala bagian yang dikukuhkan, 3 pegawai yang naik jabatan dari Kasubag menjadi Kabag dan 4 pegawai mutasi menjadi Kabag.

Serta ada pula 11 ruang kepala sub bagian yang dikukuhkan 6 pegawai yang mendapat promosi dari pelaksana menjadi Kasubag dan 5 pegawai  yang dimutasi Kasubag.

Sementara itu yang mendapat promosi jabatan Kasubag dan dimutasi di antaranya adalah :

Rimayanti SE, jabatan lama Kasubag Sekretariat Umum, dan kini  Kasubag Pengembangan Kepegawaian SDM.
Hj Krisnaningsih SE, sebelumnya Kasubag K3 SDM, kini menjabat Kasubag Auditor SPI (Satuan Pengawas Internal)
Maulid MAR, sebelumnya Kasubag Distribusi Jarwil I, kini menempati posisi sebagai Kasubag Pembaca Meter Hublang
Muhammad Norhadi ST, sebelumnya Kasubag Customer Service Hublang, kini menempati pos baru sebagai Kasubag Distribusi Jarwil I
Aris Bambang SE, jabatan lamanya Kasubag  Instalasi Pengolahan Air Limbah dan kini menjadi Kasubag Pelayanan Perpipaan Air Limbah
Thomas Tommy SE, staf pelaksana administrasi kepegawaian SDM, kini menjadi Kasubag Admin Kepegawaian SDM
Hj Haerani ST, sebelumnya staf pelaksana laboratorium dan lingkungan, kini menjadi Kasubag Instalasi Pengolahan Air Limbah
Hj Arie Ivana Indriana S Sos, sebelumnya sekretaris direksi, kini menjadi Kasubag serektariat bagian umum
Suryo Hadi Wibowo S Kom, sebelumnya staf pelaksana customer service, kini menjabat Kasubag Customer Service Hublang
Jaka Eka Prasetya ST, sebelumnya staf pelaksana K3 SDM, kini sebagai Kasubag K3 SDM
 Erpan SE, sebelumnya staf pelaksana Sub Bagian Pemasaran, kini Kasubag Pemasaran Hublang.
Dari nama-nama di atas, Suryo Hadi Wibowo merupakan pegawai yang juga menempati posisi strategis. Karena, keberadaannya  sangat diperlukan perusahaan. Dialah  yang mendesain informasi yang lengkap seputar produk perusahaan sesuai kebutuhan pelanggan, calon pelanggan  dan juga memberikan pelayanan sistem digital.

Ada yang menarik saat pelantikan, seluruh direksi dan pegawai harus mengenakan masker. Ini karena kondisi wabah corona terus melanda. Dan, PDAM harus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Saya mengucapkan saja selamat bertugas dan semoga amanah. Karena, seluruhnya merupakan SDM berkualitas dan dapat membawa PDAM meningkat pelayanannya ke depan,” kata Kabag SDM PDAM Balikpapan, Nur Hasramdani SE, memberikan komentarnya kaitan promosi dan mutasi rekan-rekannya.(triani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar