KPU Balikpapan Melakukan Sosialisasi PKPU No. 05 Tahun 2020 dan Relaunching Pilkada Balikpapan 2020 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Sabtu, 20 Juni 2020

KPU Balikpapan Melakukan Sosialisasi PKPU No. 05 Tahun 2020 dan Relaunching Pilkada Balikpapan 2020

Kabarbpp58.net,Balikpapan – Jumat ( 19/06/2020 ) , KPU Balikpapan melakukan kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 05 Tahun 2020 dan Relaunching Pilkada Balikpapan 2020. Diketahui sesuai dengan Perpu yang mengamanahkan kepada KPU untuk melaksanakan Pilkada ditengah Pandemi Covid-19 , maka hal ini merupakan suatu hal yang cukup sulit bagi penyelenggara yang seharusnya Pilkada 2020 dilaksanakan dengan normal.
Foto : Ketua KPU Balikpapan , Noor Thoha bersama Walikota Balikpapan , Rizal Effendi Saat Kegiatan Relaunching KPU
Ketua KPU Balikpapan , Noor Thoha menjelaskan bahwa saat PKPU menerbitkan surat keputusan 258 yang memberikan isyarat kepada seluruh penyelenggara untuk melanjutkan tahapan yang tertunda . Lanjutan tahapan yang tertunda tersebut diawali dengan terbitnya PKPU No.05 tahun 2020 mengenai Tahapan Program dan Jadwal.

“ Kemarin saat saya melakukan acara di RI lewat daring ternyata mereka melakukan relaunching, maka kita mengikuti juga relaunching tersebut sekaligus acara sosialisasi PKPU No.05 yang dilakukan langsung oleh KPU Provinsi,” Kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha.

Maksud dari kegiatan Relaunching tersebut adalah hasil survei KPU terhadap pemilih , karena dari 250 koresponden di Balikpapan ini tidak sampai 10% yang tau mengenai tanggal pemungutan suara akan dilakukan. Maka KPU melakukan relaunching dan masyarakat tau kalau tanggal pemungutan suara dimulai tanggal 09 Desember 2020 dan akan dibantu anggota politik juga stekholder untuk mensosialisasikan.

“ Mudah mudahan relaunching ini dapat memberkan efek terhadap informasi kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Anggaran Pilkada sendiri untuk KPU ada 53,9 Miliar dalam kondisi normal. Di undang-undang No.10 Tahun 2016 menjelaskan bahwa seluruh pembiayaan penyelenggaraan pilkada dilakukan dengan menggunakan APBD dan dapat dibantu dengan APBN. APBN juga akan membiayai seluruh tahapan yang menggunakan protokol covid-19 , jadi pengadaan APD terkait dengan protokol Covid-19 tersebut 100% KPU Balikpapan mohonkan kepada APBN.

Noor Thoha menambahkan karena adanya wabah covid-19 ini pastinya nanti juga akan berdampak pada kegiatan Pilkada tersebut, KPU mengkhawatirkan jika nantinya partisipasi masyarakat menurun, yang menjadi kendala dari KPU sendiri adalah bagaimana caranya agar masyarakat bisa datang dengan cara pengetatan protokol kesehatan covid-19 di penyelenggara. ( tr )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar