Solehuddin Siregar : 05 Juni 2020 Masjid Mulai Dibuka Tetap Mengutamakan Protokol Kesehatan Covid-19 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 02 Juni 2020

Solehuddin Siregar : 05 Juni 2020 Masjid Mulai Dibuka Tetap Mengutamakan Protokol Kesehatan Covid-19


Kabarbpp58.net,Balikpapan – Ketua DMI Kota Balikpapan , Solehuddin Siregar diundang oleh Kemenag dengan para tokoh pimpinan agama membahas tentang New Normal termasuk juga pembahasan mengenai terap rencana edaran walikota.
Foto : Ketua DMI Kota Balikpapan, Solehuddin Siregar
Solehuddin Siregar menjelaskan bahwa disampaikan ada beberapa poin ditambahkan pada edaran Wali Kota dengan harapan ketika rapat dengan Walikota tidak tarik penarikan keputusan. Lalu, seluruh tokoh agama juga diundang bersama Forkopimda di Aula Pemkot Balikpapan dan telah memutuskan bahwa mulai tanggal 05 Juni 2020 mulai dibuka kegiatan Sholat Jumat di masjid , dengan catatan masjid tersebut harus membuat pernyataan siap mentaati protokol kesehatan covid-19.

Kemudian , pihak masjid juga harus mengajukan dari pimpinan agama dengan bawahannya maupun kolektif untuk mengajukan ke kecamatan , Gugus Kecamatan dan Walikota. Hal ini juga sudah dilaksanakan di Dewan Masjid , Oleh karena itu pengajuan bisa dilakukan lewat dewan masjid dengan tingkatannya .

Solehuddin Siregar menambahkan per kecamatan pasti memiliki 1 masjid besar dan pengajuannya melalui dewan masjid ke walikota, lalu untuk masjid kelurahan maupun musholla dari pengurusnya nanti dihimpun oleh DMI Kecamatan dan kecamatan yang membawa kolektif ke camat selaku gugus kecamatan .

Karena ini hanya berupa edaran , jika ada ditemukan salah satu warga ataupun pengurus masjid yang terkonfirmasi positif covid-19 maka tidak diberikan sanksi. Kalaupun terjadi hal seperti itu maka di surat edaran tersebut akan dibuat panitia Gugus Covid Masjid dan jika ada hal hal di masjid tersebut maka mereka yang bertanggung jawab.

DMI Kota Balikpapan juga telah menerima surat edaran dari pimpinan pusat DMI bahwa memang sudah dianjurkan untuk memperbolehkan sholat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19. Kemudian , di masjid dibentuk Panitia Percepatan Covid-19 untu penanganan jika ada suatu hal yang terjadi di masjid tersebut.

“ Dalam pelaksanaan sholat tetap diberlakukan penjagaan jarak minimal 1 meter,” Kata Ketua DMI Kota Balikpapan, Solehuddin Siregar.

Dihimbau dalam kegiatan ini anjuran dari Pemerintah Kota tetap dilaksanakan dan protokol kesehatan juga harus tetap dilaksanakan.*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar