KPU Balikpapan, Melaksanakan Rapak Koordinasi Seluruh Stekholder Terkait Kesehatan Calon Wali kota dan Wakil Walikota - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Rabu, 05 Agustus 2020

KPU Balikpapan, Melaksanakan Rapak Koordinasi Seluruh Stekholder Terkait Kesehatan Calon Wali kota dan Wakil Walikota

Kabarbpp58.net, Balikpapan - Rabu ( 05/06/2020 ), Acara terakhir yang dilaksanakan oleh KPU Balikpapan adalah Rapat Koordinasi dengan seluruh stekholder terkait dengan pemeriksaan kesehatan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.
Didalam persyaratan Bakal Calon Wali Kota itu disebutkan bahwa mereka harus sehat jasmani, rohani dan bebas dari penyalah gunaan narkoba. Hal tersebut rupanya memberikan implikasi kepada pemeriksaan yang luar biasa.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menjelaskan bahwa secara tekhnis dulu pada tahun 2015 pemeriksaan kesehatan untuk Bakal Calon Walikota itu KPU belum memiliki standar, sehingga masing masing Kabupaten Kota berbeda.

Untuk sekarang, telah dikunci dalam satu Juknis yaitu Juknis 231 dari KPU RI tentang standar yang dipakai oleh KPU untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan. 

Jadi, didalam juknis tersebut yang pertama KPU diminta untuk bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ), HIMPSI dan dengan BNN. Kerjasama tersebut mengeluarkan sebuah perjanjian kerja sama antara KPU dengan Rumah Sakit, KPU dengan IDI, KPU dengan HIMPSI dan BNN.

Hal itulah yang merupakan point penting dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan KPU Balikpapan sehingga nanti pemeriksa kesehatan yang diharapkan benar benar melahirkan satu kandidat yamg sehat secara Jasmani, Rohani dan bebas narkotika.(tri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar