Noor Thoha : Dengan Sosialisasi Mayarakat Mempunyai Kepedulian Demokrasi - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Sabtu, 08 Agustus 2020

Noor Thoha : Dengan Sosialisasi Mayarakat Mempunyai Kepedulian Demokrasi

Kabarbpp58.net, Balikpapan - Jumat ( 07/08/2020 ), KPU Kota Balikpapan melaksanakan Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran Pemantau Lembaga Survey atau Jejak Pendapat Dan Hitung Cepat Pemilihan Walikota Dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020.berlangsung di Halaman Gedung KPU Jum’at (7/8/2020) malama

Pada kegiatan tersebut KPU Balikpapan mengumpulkan seluruh stekholder yang artinya masyarakat yang mempunyai kerisauan dan mempunyai kepedulian terhadap pilkada tetapi tidak terakomodir dalam penyelenggara. Maka, KPU memberikan pemaparan bagaimana syaratnya jika ingin menjadi pemantau.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, S.H menyampaikan hal Ini dimaksudkan agar dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam hal partisipasi. Kemudian  pemantau lembaga survei juga menjaga Lab Control, Jadi semisal pemantau bekerja sesuai Poksi nya maka dia akan melakukan survei kepada masyarakat bagaimana tanggapan terhadap calon dan ini juga bagian dari pendidikan politik.

Harapan KPU setelah dilakukan sosialisasi tersebut akan ada lapisan masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai pemantau, lembaga survei atau menjadi lembaga Quick Count. 

Untuk kriterianya sendiri yaitu calon pendaftar harus independen, tidak ber afiliasi kepada salah satu calon, mereka harus mempunyai sumber dana sendiri dan tidak berasal dari sumber dana salah satu peserta pilkada. Kemudian syarat selanjutnya mereka tergabung dalam asosiasi, mereka juga harus ter- registrasi di KPU sebelum mereka terjun ke Masyarakat.

" Kita mengharapkan setelah sosialisasi ini akan lahir orang orang yang mempunyai kepedulian terhadap demokrasi dengan cara melibatkan diri sebagai pemantau, melibatkan diri sebagai lembaga survei atau melibatkan diri sebagai lembaga Quick Count," Kata Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha S.H (tri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar