Ramli : PDAM Balikpapan Menerima Sekitar 300 Bermacam Komplen Perhari, Selama Masa Pandemi Covid-19 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 25 Agustus 2020

Ramli : PDAM Balikpapan Menerima Sekitar 300 Bermacam Komplen Perhari, Selama Masa Pandemi Covid-19

Kabarbpp58.net,Balikpapan - PDAM Kota Balikpapan memiliki pelanggan sebanyak kurang lebih 105.411 pelanggan per bulan Juli 2020. Karena kondisi pandemi seperti ini, maka ada beberapa komplain dari masyarakat.

Dari jumlah 105.411 pelanggan tersebut 16,5% ada sekitar 17.392.815 pelanggan yang melakukan komplain selama masa pandemi covid 19.

Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Kota Balikpapan, Ramli menjelaskan ditengah pandemi seperti ini PDAM ingin menerapkan sistem bekerja dirumah sesuai dengan instruksi dari Gugus Tugas Covid 19 Kota Balikpapan.

Langkah yang diambil oleh PDAM Balikpapan sendiri yaitu melakukan estimasi dikarenakan petugas PDAM tidak dimungkinkan untuk turun ke lapangan pada masa pandemi seperti ini.

Dalam estimasi yang dilakukan oleh PDAM menimbulkan complain yang terjadi sebanyak 16,5%. Jika dilihat dari jumlah pelanggan yang complain yaitu 17.392.815 pelanggan tentunya PDAM memerlukan waktu untuk menyelesaikan permasalahan ini yang diperkirakan sekitar 3 Bulan lebih.

" Kami sedang bekerja keras untuk memberikan pelayanan kepada Pelanggan PDAM terkait musibah covid 19," Kata Kabag Hublang PDAM Balikpapan Ramli di Ruang kerjanya Selasa (25/08/2020)
 
Dalam sehari PDAM menerima sekitar 300 komplain pelanggan dan dari complain tersebut ada yang bisa diselesaikan ditempat dan ada yang butuh proses administrasi karena disesuaikan dengan data.

Pada Pandemi covid-19 ini yang dihadapi oleh pelanggan adalah posisi dari pelanggan tersebut kurang saat membayar atau pelanggan tersebut lebih dalam pembayaran.

Ramli menambahkan jika ada pelanggan yang kurang saat melakukan pembayaran otomatis akan terjadi penumpukkan di akhir.

Lalu sebaliknya, jika ada pelanggan yang lebih saat melakukan pembayaran maka di akhir pada saat dilakukan pencatatan beberapa waktu lalu yang lebih bayar akan dikembalikan dana nya atau dikompensasikan untuk dana bulan berikutnya.

Dalam menghadapi masalah seperti ini PDAM tidak tinggal diam, mereka akan tetap memberikan kelonggaran dan kebijakan kepada pelanggan yang tentunya dibuktikan dengan angka meter terakhir.

Jika seandainya data tersebut real angka meter dengan angka bacaan PDAM maka pelanggan wajib untuk membayar. Kebijakannya jika pembayaran terlalu tinggi bisa dilakukan dengan cara mengangsur.(tri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar