Syahrul : Relawan Akan menjadi Ujung Tombak KPU - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Rabu, 26 Agustus 2020

Syahrul : Relawan Akan menjadi Ujung Tombak KPU

Kabarbpp58.net,Balikpapan - KPU Balikpapan membuka pendaftaran Calon Relawan Demokrasi dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020.

Pada hari ini Selasa ( 25/08/2020 ) sudah 30 orang pendaftar untuk 5 basis yaitu basis perempuan , keagamaan, disabilitas, netizen dan Pemula. Pendaftar minimal berusia 17 tahun dan mereka akan bekerja selama 3 bulan sampai 3 hari sebelum hari pencoblosan dilakukan.

Komisioner KPU Kota Balikpapan, Syahrul menyempaikan Calon Relawan itu nantinya akan menjadi ujung tombak KPU dalam melakukan sosialisasi terutama untuk menjangkau masyarakat yang belum terjangkau secara keseluruhan oleh KPU. Jadi seluruh informasi terkait dengan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada itu wajib mereka sampaikan.

Selanjutnya adalah para calon relawan juga bertugas untuk memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat Balikpapan terutama dalam menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember dengan selalu mengajak masyarakat untuk melihat setiap calon terutama visi dan misi calon, program kerja ditawarkan serta tata prosedur atau mekanisme dalam tata cara pencoblosan.

Mengenai urusan penting juga akan disampaikan oleh calon relawan terutama untuk saudara yang disabilita. Kemudian dalam setiap bulan mereka juga harus menyusun program kegiatan apa yang harus dilakukan Sehingga dalam pelaksanaannya itu harus terukur, harus jelas,harus bisa dipertanggungjawabkan dan tentunya ini harus bersikap Netral.

Integritas para relwan nantinya itu tidak boleh berafiliasi dengan pasangan calon maupun partai politik. KPU menjamin 25 orang yang terpilih nantinya adalah orang-orang yang memiliki kesadaran penuh secara hati nurani untuk membantu KPU dan Negara dalam menyebarkan luaskan informasi Tahapan Pilkada.(tri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar