Perpanjangan Pendaftaran Resmi Ditutup,Hanya Rahmad-Thohari yang Mendaftar Pilkada Balikpapan 2020 - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 14 September 2020

Perpanjangan Pendaftaran Resmi Ditutup,Hanya Rahmad-Thohari yang Mendaftar Pilkada Balikpapan 2020

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Minggu ( 13/09/2020 ) merupakan batas akhir dari Perpanjangan Pendaftaran Bakal Pasangam Calon Wali Kota dan Wakil Wali kota Balikpapan Tahun 2020.

Perpanjangan pendaftaran bakal calon telah dilaksanakan mulai tanggal 11 September - 13 September 2020. KPU telah melakukan pleno dan menetapkan bahwa sampai pukul 00.00 tanggal 13 September 2020 pendaftaran ditutup dalam kondisi tidak ada bakal pasangan calon yang mendaftar.


Hal ini dapat diartikan bahwa saat pendaftaran pertam dari tanggal 4 September - 6 September 2020 hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, setelah diperpanjang oleh KPU mulai tanggal 11-13 September 2020 tidak ada yang mendaftar.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan pasangan calon yang sudah mendaftar mulai tanggal 4-6 September 2020 kemarin dilanjutkan dengan tahapan berikutnya yaitu pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan pada hari Senin ( 14/09/2020 ) pukul 07.00 di RS Kanudjoso Djatiwibowo.

Ketika dilakukan perpanjangan pendaftaran bakal calon dan tidak ada yang mendaftar maka bakal pasangan calon yang di daftarkan oleh Partai Politik hanya satu.

KPU belum dapat menyimpulkan apakah satu bakal pasangan calon tersebut sampai bisa didtetapkan atau tidak. Karena ada satu fase lagi yaitu pemeriksaan kesehatan dan penelitian syarat administrasi juga syarat calon.

Dalam hal nantinya pemeriksaan kesehatan itu oleh dokter dinyatakan memenuhi syarat, kemudian syarat administrasi setelah dilakukan penelitian juga dinyatakan lengkap dan sah maka pada tanggal 23 September 2020 akan ditetapkan sebagai calon.

" Otomatis karena bakal calonnya cuma satu maka ditetapkan sebagai calon tunggal," Kata Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha.

Jika dari hasil pemeriksaan kesehatan tidak lolos maka KPU akan melihat apakah yang tidak lolos adalah calon wali kota nya atau wakil wali kota. Maka dalam hal ini ketika diantaranya tidak lolos KPU akan memberikan kesempatan kepada partai politik untuk melakukan penggantian.(tri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar