KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi Pelaporan Dana Kampanye - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 22 September 2020

KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi Pelaporan Dana Kampanye

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Selasa ( 22/09/2020 ), KPU Kota Balikpapan melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Pelaporan Dana Kampanye dan Simulasi Aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye.

Kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi partai politik. Mengingat konsekuensi dana kampanye tersebut sangat fatal, karena audit dari dana kampanye ini patuh atau tidak patuh. Jadi, jika audit tersebut tidak patuh maka konsekuensi nya adalah pembatalan pasangan calon.

Komisioner KPU Kota Balikpapan, Ridwansyah menyampaikan tujuan dari pengelolaan dana kampanye ini merupakan azas integritas pasangan calon partai politik dalam ikut serta kontestasi pemilihan kepala daerah.

Jadi, mereka harus mentaati rambu rambu dana kampanye. Contoh dari rambu rambu tersebut yaitu tidak boleh menerima sumbangan dari pihak asing, tidak boleh menerima sumbangan yang tidak jelas identitasnya, tidak boleh menerima uang sumbangan dari hasil kejahatan dan tidak boleh menerima sumbangan melampaui ketentuan yang ada.

" Untuk perorangan maksimal sumbangan adalah Rp 75 Jt per orang, kalau untuk badan hukum partai politik maksimal Rp 750 jt dan tidak boleh melampaui," Kata Komisioner KPU Kota Balikpapan, Ridwansyah.

Jika sumbangan yang diterima melebihi batas maka mereka harus melaporkan dan mengembalikan ke kas negara.

Lalu mengenai sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Dana Kampanye ( SIDAKAM ) nantinya KPU akan menjelaskan cara log in, cara menggunakan maupun cara mengisi dan cara membuat laporan aplikasi tersebut. ( tri )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar