Noor Thoha: Pendaftaran Pasangan Calon Dokumen Harus Lengkap - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Jumat, 04 September 2020

Noor Thoha: Pendaftaran Pasangan Calon Dokumen Harus Lengkap

kabarbpp58.net,Balikpapan - Jum'at ( 04/09/2020 ) KPU Kota Balikpapan melaksanakan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 yaitu Pasangan Calon Rahmad Mas'ud - Thohari Azis.

Kegiatan ini merupakan bagian sebuah proses dimana jika misalnya dokumen bakal pasangan calon tersebut tidak lengkap. KPU menghimbau agar bakal calon mendaftar di awal jika nanti ada dokumen yang tidak lengkap bisa dilengkapi karena waktunya masih cukup.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan didalam pendaftaran dipastikan dokumen yang diberikan harus lengkap. Jika ternyata dokumen tersebut ada tetapi tidak lengkap itu ada masa perbaikan tetapi dengan syarat dokumen tersebut harus ada.

Didalam form tim kampanye harus masuk, visi dan misi juga harus masuk. Selama ini tidak ada masalah mengenai dokumen pendaftaran dan ketika Pasangan Calon ini datang diawal maka dia masih memiliki waktu perbaikan yang panjang.

Setelah dilakukan pendaftaran, dalam hal ternyata seluruh kelengkapannya ada dan sah maka KPU akan langsung membuat surat pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo.

KPU telah melakukan sosialisasi dalam hal tata cara pendaftaran kurang lebih 3 atau 4 kali dan setiap sosialisasi KPU menyampaikan kepada seluruh partai politik pengusul tentang bagaimana agar mereka taat terhadap protokol covid 19.

" Kami sudah memberitahu bahwa dalam kegiatan ini yang boleh datang hanya Ketua Partai Politik,Sekretaris Partai Politik,Bakal Pasangan Calon dan Tim LO sesuai dengan PKPU yang telah diatur," Kata Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha

Dalam kegiatan ini KPU juga telah melibatkan TNI dan Polri yang diwajibkan agar dapat mengamankan para pendukung yang bergerombol.

Didalam PKPU No 13 dalam hal sampai berakhirnya pendaftaran ternyata yang mendaftar hanya satu maka KPU akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan di perpanjang.

Noor Thoha menambahkan dalam hal sampai berakhirnya perpanjangan pendaftaran dan ternyata hanya satu pendaftar maka KPU akan membuat keputusan bahwa selama pendaftaran hanya satu pendaftar dan dinyatakan sebagai calon tunggal.

Tugas KPU sendiri adalah mensosialisasikan seluruh tahapan dan mengajak agar masyarakat datang ke TPS. Jika di TPS mereka memilih Kotak Kosong itu sudah domain pemilih, yang perlu diketahui oleh masyarakat adalah jika mereka memilih kotak kosong akan sah atau tidak dan KPU akan bertanggung jawab akan hal tersebut.

" KPU tetap akan mensosialisasikan jika masyarakat memilih kotak kosong tetap harus mengikuti tata cara pencoblosan dan jika tidak maka pemilihan tidak akan sah," ujarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar