Noor Thoha : Wajib Hukumnya Pasangan Calon Sebelum Pendaftaran Menyerahkan Hasil Test PCR - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Kamis, 03 September 2020

Noor Thoha : Wajib Hukumnya Pasangan Calon Sebelum Pendaftaran Menyerahkan Hasil Test PCR

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Kamis ( 03/09/2020 ), KPU Kota Balikpapan melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020 dan Sosialisasi Standar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Bakal Pasangan Calon.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menyampaikan bahwa wajib hukumnya bagi bakal pasangan calon sebelum melakukan pendaftaran mereka harus menyerahkan hasil test PCR.

Test PCR tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah bakal pasangan calon tersebut terpapar covid 19 atau tidak. Jika mereka terpapar covid 19 maka diwajibkan untuk tidak hadir, tetapi kalau tidak terpapar wajib untuk hadir.

Sebelum pendaftaran hasil test PCR tersebut sudah harus diserahkan. Pendaftaran bakal pasangan calon dilaksanakan mulai tanggal 4 september - 6 september 2020 dan semestinya para bakal pasangan calon sudah harus melakukan test.

Masa berlaku dari hasil test PCR tersebut sekurang kurangnya sampai waktu Pemeriksaan Kesehatan. Begitu nanti penyerahan berkas dilakukan dan sudah selesai di verifikasi oleh KPU, maka langsung akan dibuatkan surat pengantar untuk melakukan proses pemeriksaan kesehatan.

Verifikasi berkas pasangan calon dilakukan selama 20 hari dan sebelum penetapan dilakukan semua sudah harus selesai. Jika ditemukan bakal paslon yang dinyatakan positif covid 19 maka tidak akan gugur, tetapi mereka harus melalui proses perawatan.

" Jika yang bersangkutan telah sembuh dari covid 19 maka KPU akan melanjutkan proses," ujarnya.(TRI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar