DPRD Tabalong Study Banding ke DPRD Balikpapan Terkain Infrastruktur Jalan - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Senin, 05 Oktober 2020

DPRD Tabalong Study Banding ke DPRD Balikpapan Terkain Infrastruktur Jalan

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Senin ( 05/10/2020 ), DPRD Kota Balikpapan mendapat Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Tabalong. Kunjungan Kerja ini di hadiri oleh Para anggota beserta ketua Komisi III DPRD Tabalong dan Dibuka oleh Yoseph kasubag humas protokol DPRD Balikpapan.

DPRD Tabalong melakukan studi banding sekaligus Ku jungan kerja terkait dengan infrastruktur  jalan dan kesiapan dalam rangka persiapan Ibu Kota Negara ( IKN ). Karena Tabalong merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Kalimantan Timur jadi mau tidak mau keberadaan IKN juga akan berpengaruh kepada kabupaten Tabalong dengan infrastruktur yanb memang ada kelasnya yaitu jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kota.

Menurut Yoseph  menyampaikan di Balikpapan sendiri walaupun ibu kotanya ada di penajam dan Kukar, namun Balikpapan di sini adalah sebagai penyangga ibukota. Diketahui memang ada beberapa progres jalan yang sedang dilaksanakan termasuk jalan tol.

" Jalan tol yang ada di samboja dan Samarinda itu memang sudah selesai, tetapi yang di Balikpapan dan progres juga termasuk dan nanti akan tembus ke Batakan. seperti itu terkait hal yang dipelajari oleh kabupaten Tabalong," Kata Kasubag Humas Protokol DPRD Kota Balikpapan, Yoseph. 
 

Lalu, terkait dengan aturan dalam fungsi pengawas dari fungsi regulasi DPRD, Kota Balikpapan sudah memiliki Perda Nomor 05 Tahin 2013 terkait dengan sarana prasarana fasilitas umum perumahan. Terkait dengan adanya IKN maka akan direvisi Perda RT RW No.12 tahun 2012 akan direvisi termasuk di sana juga sudah ada jalannya.

Di Balikpapan sendiri sudah ada aturan yang terkait dengan hal tersebut, apabila pengembang itu harus pintar dalam kapasitas umum. Terkai dengan jalan-jalan yang masuk dalam infrastruktur jalan kota itu yang terintegrasi ada aturannya, bahwa itu harus diserahkan paling lama 3 tahun berupa hibah ke Pemerintah Kota dan apabila jalan itu sudah diserahkan maka nanti perawatannya termasuk lampu PJU itu menjadi beban pemerintah kota.

Selain itu, Ketua Komisi III DPRD Tabalong H. Supoyo menyampaikan terkait dengan masalah jalan lingkungan dan pemukiman. Mereka berharap mudah-mudahan apa yang disampaikan DPRD Balikpapan nanti dapat diterapkan di kabupaten Tabalong.

Berkaitan dengan masalah ini lingkungan di Tabalong sudah tertata rapi. karena di Tabalong kaitan dengan masalah calon pembangunan adalah daerah yang terbersih. Supoyo berharap dalam kunjungan ini ke depannya kabupaten Tabalong sebagai kabupaten yang paling pinggir dan perbatasan dengan Kalimantan Timur berkaitan dengan IKN dapat menjadi kabupaten yang bisa menyiasati kaitan dengan masalah IKN tersebut dan dapat menjadi kabupaten yang sukses. (tri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar