Noor Thoha : Rekrutmen KPPS Baru Mencapai 60 persen - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Rabu, 14 Oktober 2020

Noor Thoha : Rekrutmen KPPS Baru Mencapai 60 persen

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Pelaksanaan Pilkada di masa pandemi KPU akan melakukan simulasi Pemungutan dan Penghitungan. KPU akan merncang nanti yang pertama akan disimulasikan skala kecil yaitu KPU, PPK dan PPS dan dengan Peraturan sama KPu akan lakukan simulasi pemungutan yang mendekati dimulai pada jam 7 dan jam 1 akan ditutup kemudian penghitungan pesertanya nanti akan menghadirkan 300 orang.

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha.SH menyampaikan pada hari itu sudah terjadi pemungutan. KPU melibatkan sebagian KPPS yang sekarang dalam proses pembentukan.

" KPU melibatkan sehingga mereka juga dapat melihat bagaimana simulasi pemungutan penghitungan yang sesungguhnya dibuka jam 7 kemudian jam 1 di tutup dilakukan dengan penghitungan," Kata Ketua KPU Noor Thoha SH,diruang kerjanya Rabu (14/10/2020)

Menurutnya Thoha ,yang terpenting adalah pada masa rekrutmen PPS ini KPU berharap setiap di TPS itu hadir ada salah satu atau dua petugas KPPS yang familiar dengan teknologi, karena nanti di dalam internet tersebut nantinya cukup di foto, kemudian foto itu di akses ke KPU dan otomatis mereka akan menghitung pelakunya. KPU sudah mendapatkan simbol-simbol tertentu di mana fotonya nanti akan membaca. Dalam hal ini harus dilakukan oleh KPPS yang ahli teknologi karena nanti aplikasinya akan didownload.

Pada saat ini KPU sedang bersibaku melakukan rekruitmen KPPS yang sekiranya di dalam tim itu adanya dua atau tiga orang yang ahli teknologi dan Sekarang baru sekitar 60%.

" Diharapkan pada hari ini KPU memperpanjang tanggal 14 Oktober 2020 sampai 18 Oktober 2020 untuk rekrutmen. Pada intinya KPPS merupakan ujung tombak dari penyelenggaraan Pilkada maka apapun yang terjadi KPPS harus terbentuk tidak boleh gara-gara takut di rapid dan batasan umur terus akhirnya tidak ada yang mau ikut," jelas thoha

Jika nanti sampai tanggal 18 Oktober 2020 ternyata tidak terpenuhi satu tempat satu TPS maka KPU akan Bekerjasama dengan lembaga pendidikan atau lembaga profesi mahasiswa.

Seharusnya melalui RT selama ini mengajukan nama itu bagus sekali dan membantu KPU. Tetapi dalam hal ini jangan sampai juga dipersulit karena pertemuan terbuka dan tidak harus orang-orang yang yang direkomendasikan oleh lurah tapi siapapun bisa mendaftar. sekarang mungkin ada yang sedang dirumah karena pandemi mari manfaatkan waktu dengan honor yang lumayan Rp 900 ribu.

" Kekurangan 4 ribu ini ternyata sudah ada tinggal menunggu surat kesehatan," tutup Thoha (tri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar