KPU Balikpapan Lakukan Peninjauan TPS - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Selasa, 08 Desember 2020

KPU Balikpapan Lakukan Peninjauan TPS

kabarbpp58.net,Balikpapan - Selasa, (8/12/2020) KPU dan Bawaslu melakukan Peninjauan Evaluasi Kesiapan Lapangan, khususnya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS). Peninjauan dilakukan bersama dengan Walikota Balikpapan dan Ketua DPRD Kota Balikpapan.


Peninjauan dilakukan di 6 Kecamatan. Kecamatan Balikpapan Kota di Jl. Prapatan dalam, Balikpapan Barat di Jl. Dahor, Balikpapan Utara di Jl. Indrakila Kampung Timur, Balikpapan Selatan di Jl. MT. Haryono, Balikpapan Tengah di Jl. DI Panjaitan, dan Balikpapan Timur di kawasan Manggar Baru.


Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar petugas KPPS menguasai teknik pemungutan dan perhitungan suara.


"Memang ada beberapa hal yang kita tanyakan namun tidak bisa dijawab, tapi mungkin karena mereka gugup dan itu tidak masalah." ujar Thoha.


Untuk perkembangan persiapan APD, semua telah terdistribusi dan sudah lengkap. Bahkan sebagian warga menambahkan beberapa fasilitas tersendiri untuk menunjang penggunaan APD yang tersedia dari KPU.


Hal ini berkaitan dengan protokol kesehatan yang merupakan salah satu syarat yang tidak boleh dilanggar, karena termasuk norma yang harus dipatuhi dan apabila tidak dilakukan, maka termasuk melanggar peraturan.


Untuk jumlah DPT sebanyak 443.324 dan seluruh TPS berjumlah 1.505. Karena tidak semua dapat dikunjungi, maka malam ini KPU akan menyerahkan seluruh penyelenggara untuk memastikan apakah semua 1.505 TPS itu ada atau tidak, supaya tidak ada permasalahan dalam pelaksanaan pemilihan suara.


"Semua tergantung kemampuan dari masing-masing kampung, mungkin ada yang sederhana dan itu kita pahami. Yang penting semua layout terpenuhi." jelasnya.


Noor Thoha juga menjelaskan terkait pemberian hadiah bagi TPS seperti tahun sebelumnya, kali ini tidak ada penilaian tertentu karena adanya keterbatasan anggaran sehingga pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.


Namun yang beberapa pelanggaran yang perlu ditekankan, yaitu TPS tidak boleh ada sponsor dalam bentuk apapun terutama dari Paslon. Selain itu, tidak boleh ada pendanaan dalam bentuk apapun dari Paslon selama pelaksanaan pemilihan suara berlangsung. ( putri )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar