Muhammad Adam : DPRD Balikpapan Diharap Bisa Mengikuti Jejak DPRD Prov Kaltim Untuk Sosialisasikan Perda ke Masyarakat - Kabar Balikpapan58.net

Breaking

Rabu, 28 April 2021

Muhammad Adam : DPRD Balikpapan Diharap Bisa Mengikuti Jejak DPRD Prov Kaltim Untuk Sosialisasikan Perda ke Masyarakat

Kabarbpp58.net,Balikpapan - Rabu ( 28/04/2021 ) , DPRD Kota Balikpapan mendapat kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Kalimantan Timur yang dihadiri oleh Anggota Pansus Prompemperda. Dalam Kunker ini mereka membahas mengenai  Pembahasan Raperda tentang Tata Cara Penyusunan Propemperda. 




DPRD Prov Kaltim berkunjung ke Kota Balikpapan sekaligus sharing mengenai kegiatan - kegiatan Bapamperda , mulai dari proses awal . 


Anggota Pansus Propemperda DPRD Prov Kaltim , Ir.H.Muhammad Adam menyampaikan bahwa ada kegiatan DPRD Prov Kalimantan Timur yang patut untuk diakomodir oleh DPRD Kota Balikpapan yaitu setiap selesai melakukan pengesahan Perda diteruskan dengan penyebarluasan atau sosialisasi Perda tersebut kepada masyarakat dan ini sudah dimulai oleh DPRD Prov Katim sejak Januari 2021. 


" Kegiatan ini kami adopsi dari Sulawesi Selatan , Jawa Timur dan beberapa provinsi di Indonesia juga sudah menerapkan. Karena salah satu tugas utama dari DPRD adalah membuat peraturan daerah yang bisa memberi efek kepada masyarakat luas baik secara ekonomi maupun yang mengatur hajat hidup orang banyak," jelasnya. 


Oleh karena itu , apa yang telah dilakukan oleh DPRD Prov Kaltim bisa dilakukan di DPRD Kota Balikpapan juga . Kemudian , Perda juga harus diikuti dengan Perwali karena itu merupakan landasan operasional atau petunjuk tekhnis terhadap perda. 


Ia juga menyampaikan sedapat mungkin para rekan DPRD Kota Balikpapan dapat melakukan hal yang sama . Ada kegiatan 1 bulan sekali untuk penyebarluasan atau melakukan sosialisasi peraturan daerah yang di sah kan oleh DPRD agar masyarakat bisa memahami mengenai perda tersebut. 


Beberapa bulan ini DPRD Prov Kaltim melakukan sosialisasi Perda tentang bantua hukum kepada masyarakat. Jika ada masyarakat yang punya persoalan hukum tetapi tidak mampu membayar pengacara atau advokat maka Pemerintah Provinsi hadir untuk memberikan bantuan . 


" Saya berharap kunjungan kami ini dapat memberikan masukan - masukan kepada DPRD kota Balikpapan ," pungkasnya. ( tri )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar